Senin, 24 Agustus 2009

Mini Garden dengan media terarium


Di rumah selalu ada wadah-wadah kaca yang bagus, cantik atau menarik bentuknya. Tentu saja hal ini menggoda saya untuk menggunakannya sebagai wadah terarium.
Tetapi tidak semua wadah kaca tersebut berbentuktoples atau vas atau botol yang bisa diisi tanaman.
Ada juga wadah-wadah ceper atau mangkuk yang bagus dan bisa dimanfaatkan untuk wadah terarium.
Supaya ada beda antara tera yang tanamannya berada dalam wadah, maka terarium dengan tanaman berada di permukaan wadah kami sebut sebagai "Mini Garden of Terarium".
Mini garden ini sangat tepat untuk diletakan di atas meja atau di letakkan di atas rak, wadahnya yang tidak berlubang membuat dia bisa diletakan di atas meja atau di atas rak, tanpa membuat basah saat penyiraman.
Dengan menggunakan prinsip menanam dalam terarium, wadah dengan ketinggian 3 - 4 cm pun bisa digunakan untuk wadah. tentunya dengan memilih tanaman yang perakarannya melebar/berakar serabut.
Ini contohnya yang pernah kami buat.

2 komentar:

Maria Niniek mengatakan...

Mbak Shanti,
Salam kenal nama sy Maria Niniek dari Medan. Saya ponakan Ibu Sri Setiati Harjadi Guru Besar IPB yang meminta Mbak Shanti untuk melelangkan terarium ;-)
Senang sekali melihat-lihat koleksi terrarium di blog ini.
Saya lagi bermimpi nih membuat terarium dalam wadah kaca..
Buku Mbak Anie sudah saya beli dan setiap malam sebelum tidur saya baca-baca.
Di rumah saya sudah buat 2 taman kecil di wadah tanah liat yang biasa dipakai untuk bonsai.Saya tanam Cryptantus,haworthia dan sukulen lain yang lupa sy namanya. Hasilnya lumayan. Sekarang ini mau coba terarium dalam wadah kaca. Doakan bisa berhasil ya Mbak.
Salam untuk Mbak Anie.
Kapan ada pelatihan di Medan ?
terima kasih

yayak43 mengatakan...

tanamannya jenis apa mbak? radya18.blogspot.com